Business Model Canvas








1.key Patners dari nulisbuku.com :
Key Patners adalah pihak
pihak yang bisa bekerjasama
dengan perusahaan yang
bersangkutan.

key Patners dari nulisbuku.com :
.Penulis
.Website promotoin

2.Customer segment
adalah pengidentifikasi pelanggan mana yang akan di layani berdasarkan kebutuhan dan atribut yang berbeda,untuk memastikan penerapan strategi perusahaan sesuai dengan karakteristik kelompok klien yang dipilih.
  • Customer segment nulisbuku,com:

  1. Penulis kalangan muda hingga tua
  2. Pecinta Buku
  3. Pembisnis muda

3. Key activities

Key activities adalah kegiatan-kegiatan utama apa saja yang perlu dilakukan oleh organisasi ataupun perusahaan agar dapat memberikan nilai tambah dengan baik. Setiap model bisnis memiliki aktivitas-aktivitas utama.


  • Key Activities dalam Bisnis nulisbuku.com

1. Jasa
- jasa pelayanan mandiri (online self publishing, print on demand)
2. Marketing
- Menyediakan toko online sebagai tempat untuk menjual karya buku yang telah diterbitkan
3. Shared
- membagikan atau mempublikasikan karya penulis kepada para pembaca
4.Costomer relationship
adalah cara suatu organisasi menjalin ikatan dengan pelanggannya, baik pelayanan yang baik kepada pelanggan sampai sarana dan prasarana yang nyaman menjadi bentuk hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan.

Contoh Costomer relationship Nulisbuku.com

nulisbuku.com tidak hanya menjalin hubungan baik dengan costumers nya namun juga dengan para penulis penulis bukunya. Untuk costumer nulisbuku.com menyediakan layanan ”how to shop” untuk mengetahui cara untuk belanja buku bagus di nulisbuku.com, sedangkan untuk para penulisnya ada yaitu “how to self publish” untuk mempublikasikan karya yang telah mereka tuliskan.

5.Key Resources
Key resources adalah masukan utama yang digunakan setiap perusahaan untuk menciptakan nilai proposinya, melayani segmen pelanggan dan mengantarkan produk ke pelanggan.
Key resources yang di terapkan nulisbuku.com :
uKarya penulis
uFree Templates
uFree Register
uPembaca/pembeli
uPencetakan buku

6. Cost structure
cost structure atau struktur biaya adalah biaya-biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan model bisnis tertentu.  Pada waktu kita mengembangkan produk, memasarkan produk, menjaga hubungan dengan pelanggan maupun layanan purna jual tentu membutuhkan biaya. Biaya-biaya dapat dihitung dengan mudah pada saat kita belajar mengenai Key Resources, Key Activities dan Key Parnerships.
Berikut skema harga untuk sebuah buku:
Ongkos produksi) + (Fee untuk nulisbuku.com) + (Royalti penulis) = (Harga Jual buku)
uKeterangan:
- Ongkos produksi: tergantung oleh spesifikasi buku.
 Royalti penulis : Fee nulisbuku.com = besarnya 60:40, 60% untuk Royalti Penulis, 40% Fee nulisbuku
- Harga minimum buku Rp 33.000,00
Contoh:
Untuk naskah isi 200 halaman (Tidak termasuk sampul buku), hitam-putih, kertas novel.
Perhitungannya adalah: (Anda akan menemukan alat bantu hitung harga- otomatis kami ini di halaman ini-> http://nulisbuku.com/projects/upload)
 * Price: 50000 <~ Harga yang Anda tetapkan sendiri
 * Base Price: 41000 <~ Harga Produksi per buku untuk 200 halaman
 * Net Price: 9000 <~ Keuntungan yg didapat per buku
 * Nulisbuku Share: 3600 <~ Keuntungan yang dibagikan untuk nulisbuku.com
 * Your Raoyalti: 5400 <~ ROYALTI yang diterima oleh penulis dari setiap buku yang terjual.

7.Channels
Channels adalah sarana bagi suatu organisasi untuk menyampaikan Value proposition (manfaat yang ditawarkan) kepada customers segment yang dilayani.
  channels nulisbuku.com :
Penjualan melalui melalui website mereka sendiri dan bekerja sama dengan media partner seperti Chip online id, Tekno kompas.com, DailySocial, Detik i net, The Jakarta Pos.
8.Revenue Stream
Revenue stream dalam BMC akan kita isi dengan berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari value proposition kita.

9.Revenue Streams dalam nulisbuku.com:
  - karya penulis => setiap karya yang diterbitkan akan dijual oleh penulis itu sendiri. Penulis bisa menentukan harga dari buku yang ia terbitkan dan juga melebihi biaya produksi. nulisbuku.com akan mengambil keuntungan dari biaya produksi buku yang dipesan oleh pembaca.
9.Value Proposition
rradalah alasan mengapa pelanggan memilih kita dibandingkan yang lain, bisa di sebut juga sebuah keunggulan.
Keunggulan yang dimiliki oleh nulisbuku.com :
1.Penulis amatir bisa langsung menerbitkan/mengupload bukunya di nulibuku.com
2.Waktu penerbitan cepat
3.menyediakan semacam marketplace, atau toko buku online dimana penulis bisa menjual dan mempromosikan buku mereka di sana
4.Nulisbuku menyediakan layanan mereka yang one stop place, mulai dari cetak lalu marketplace dan layanan pre-publishing dan marketing.



Semoga Bermanfaat...

Komentar

Postingan Populer