Business Model Canvas
1.key Patners dari nulisbuku.com :
Key Patners adalah pihak
pihak yang
bisa
bekerjasama
dengan perusahaan yang
bersangkutan.
key Patners dari nulisbuku.com :
.Penulis
.Website promotoin
2.Customer segment
adalah pengidentifikasi pelanggan mana yang akan di layani berdasarkan kebutuhan dan atribut yang berbeda,untuk memastikan penerapan strategi perusahaan sesuai dengan karakteristik kelompok klien yang dipilih.
- Customer segment nulisbuku,com:
- Penulis kalangan muda hingga tua
- Pecinta Buku
- Pembisnis muda
3. Key activities
Key activities adalah kegiatan-kegiatan utama apa saja yang perlu dilakukan oleh organisasi ataupun perusahaan agar dapat memberikan nilai tambah dengan baik. Setiap model bisnis memiliki aktivitas-aktivitas utama.
- Key Activities dalam Bisnis nulisbuku.com
1. Jasa
- jasa
pelayanan mandiri (online self publishing, print on
demand)
2.
Marketing
- Menyediakan toko online sebagai tempat untuk menjual karya buku yang telah
diterbitkan
3.
Shared
- membagikan atau mempublikasikan karya penulis kepada para pembaca
4.Costomer relationship
adalah cara suatu organisasi menjalin ikatan dengan pelanggannya, baik
pelayanan yang baik kepada pelanggan sampai sarana dan prasarana yang nyaman
menjadi bentuk hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan.
Contoh Costomer relationship Nulisbuku.com
nulisbuku.com
tidak hanya menjalin hubungan baik dengan costumers nya namun juga dengan para
penulis penulis bukunya. Untuk costumer nulisbuku.com menyediakan layanan ”how
to shop” untuk mengetahui cara untuk belanja buku bagus di nulisbuku.com,
sedangkan untuk para penulisnya ada yaitu “how to self publish” untuk
mempublikasikan karya yang telah mereka tuliskan.
5.Key Resources
Key
resources adalah masukan utama yang digunakan setiap perusahaan untuk menciptakan nilai proposinya, melayani segmen pelanggan dan mengantarkan produk ke pelanggan.
Key
resources yang di terapkan nulisbuku.com :
uKarya
penulis
uFree Templates
uFree Register
uPembaca/pembeli
uPencetakan buku
6. Cost structure
cost structure atau struktur biaya
adalah biaya-biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan model bisnis
tertentu. Pada waktu kita mengembangkan
produk, memasarkan produk, menjaga hubungan dengan pelanggan maupun layanan purna
jual tentu membutuhkan biaya. Biaya-biaya dapat dihitung dengan mudah pada saat
kita belajar mengenai Key Resources, Key Activities dan Key Parnerships.
Berikut
skema harga untuk sebuah buku:
Ongkos
produksi) + (Fee untuk nulisbuku.com) + (Royalti penulis) = (Harga Jual buku)
uKeterangan:
-
Ongkos produksi: tergantung oleh spesifikasi buku.
Royalti penulis : Fee nulisbuku.com = besarnya
60:40, 60% untuk Royalti Penulis, 40% Fee nulisbuku
-
Harga minimum buku Rp 33.000,00
Contoh:
Untuk
naskah isi 200 halaman (Tidak termasuk sampul buku), hitam-putih, kertas novel.
Perhitungannya
adalah: (Anda akan menemukan alat bantu hitung harga- otomatis kami ini di
halaman ini-> http://nulisbuku.com/projects/upload)
* Price: 50000 <~ Harga yang Anda tetapkan
sendiri
*
Base Price: 41000 <~ Harga Produksi per buku untuk 200 halaman
* Net
Price: 9000 <~ Keuntungan yg didapat per buku
* Nulisbuku Share: 3600 <~ Keuntungan yang
dibagikan untuk nulisbuku.com
* Your Raoyalti: 5400 <~ ROYALTI yang
diterima oleh penulis dari setiap buku yang terjual.
7.Channels
Channels
adalah sarana bagi suatu organisasi untuk menyampaikan Value proposition
(manfaat yang ditawarkan) kepada customers segment yang dilayani.
channels
nulisbuku.com :
Penjualan
melalui melalui website mereka sendiri dan bekerja sama dengan media partner seperti Chip online id, Tekno
kompas.com, DailySocial, Detik i net, The Jakarta Pos.
8.Revenue Stream
Revenue
stream dalam BMC akan kita isi dengan berbagai cara untuk menghasilkan
keuntungan dari value proposition kita.
9.Revenue
Streams dalam nulisbuku.com:
- karya
penulis => setiap karya yang diterbitkan akan dijual oleh penulis itu sendiri. Penulis bisa menentukan harga dari buku yang ia
terbitkan dan juga melebihi biaya produksi. nulisbuku.com akan mengambil keuntungan dari biaya produksi buku yang dipesan oleh pembaca.
9.Value Proposition
rradalah
alasan mengapa pelanggan memilih kita dibandingkan yang lain, bisa di sebut juga sebuah
keunggulan.
Keunggulan
yang dimiliki oleh nulisbuku.com
:
1.Penulis amatir bisa langsung
menerbitkan/mengupload bukunya di nulibuku.com
2.Waktu penerbitan cepat
3.menyediakan semacam marketplace, atau toko buku online dimana penulis bisa menjual
dan mempromosikan buku mereka di sana
4.Nulisbuku menyediakan layanan
mereka yang one
stop place,
mulai dari cetak lalu marketplace dan layanan pre-publishing dan marketing.
Komentar
Posting Komentar